Kisah Sholat Tahajud Ibrohim Bin Adham


Dalam sebuah munajatnya Ibrohim Ibnu Adham pernah berkata “ Ya Illahi, tunjukkan kepadaku teman dekatku di dunia dan karibku di akhirat”

Kemudian iapun bermimpi dalam tidurnya bahwa ia diperintahkan bahwa ia diperintahkan agar pergi ke Bashroh untuk mencari seorang wanita yang bernama Salamah As-Sauda, karena wanita inilah yang akan menjadi istrinya di akhirat nanti.

Maka Ibrohim bin adham pun pergi ke Basroh dan menanyakan kepada sebagian orang, “Apakah disini ada seorang wanita yang berilmu dan zuhud bernama Salamah As-Saudah?” Orang itu menjawab, “Tidak ada “
Ibrohim bertanya lagi kepada orang lain, “Apakah disini ada seorang wanita yang bernama Salamah As-Saudah?”Orang itu menjawab , ‘Ya. Disini ada orang yang wanita yang idiot dan gila. Ia biasa mengembala kambing. “ Ibrohim bertanya dimana aku bias menemukannya?” Orang itu menjawab, “Keluarla ke pintu gerbang negeri ini, mudah-mudahan engkau akan menemukannya.”

Ibrohim pun pergi kesana, dan akhirnya mendapatkannya. Wanita itu sedang berdiri di pintu gerbang negeri tersebut dalam keadaan bermunajat kepada Alloh SWT.

Sementara itu dibawah bukit terdapat kawanan kambing yang sedang digembalakan oleh wanita tersebut dalam keadaan menyatu dengan beberapa ekor serigala.

Ibrohim pun naik ke atas bukit itu seraya berkata : “ Assalamu alaiki, ya Salamah As-Sauda’.” Wanita itu menjawab , “Wa alaika ya Ibrohim bin Adham.” Ibrohim bertanya keheranan, “Siapa yang memberitahukan namaku kepadamu?” Ia balik bertanya,”Siapa yang memberitahukan kepadamu bahwa di surga nanti engkau akan menjadi suamiku?”

Ibrohim bertanya, “ Wahai salamah, aku melihat suatu keanehan, yaitu keakuran antara domba dengan serigala.”(Bagaimana hal ini bias terjadi?) Salamah menjawab, “Wahai Ibrohim, aku memperbaiki hubungan antara diriku dengan Robbku, sehingga Alloh pun mendamaikan hubungan antara serigala dengan domba.”

Ibrohim menceritakan, “Lalu aku mendekat kepadanya dari jarak sebelumnya, namun wanita itu segera berkata, “Menjauhlah dariku! Waktu kebersamaan kita adalah besuk di surga.”

Aku katakana kepadanya, “Berilah nasehat kepadaku!” Ia berpaling dariku seraya berkata,”Sungguh dusta orang yang mengaku cinta kepadaku, namun ketika malam tiba, ia tertidur dariku” Maka akupun tahu bahwa ia sebenarnya menyuruhku agar selalu mengerjakan sholat malam.” (Mukhtashor Rounaqil Majalis, hal 63).

Ibrohim bin adham pernah tertidur di Baitul Maqdis, lalu ia mendengar suara dari sisi batu besar itu yang mengatakan, “Sholat malam akan memadamkan nyala api neraka dan mengukuhkan telapak kaki diatas shiroth.

Oleh karena itu, janganlah engkau mengabaikan pelaksanaan sholat malam (sholat tahajud).”Sesudah itu, ibrohim bin adham tidak pernah meninggalkan sholat malam hingga meninggal. (Tanbihul Mughtarin, hal 98).

Oleh karena itu wahai saudaraku ketahuilah dan amalkanlah.
 

Rahasia dan Keajaiban Shalat Tahajud. Copyright 2012 All Rights Reserved Kunci Rezeki Free Blogger Templates Converted into Blogger Template by Bloganol dot com